Khasiat Utama tanaman Pulutan bagi kesehatan


Pulutan | Urena Lobata L

Pulutan meupakan jenis tumbuhan berserat dari suku kapas-kapasan, tumbuh di daerah iklim tropik termasuk di Indonesia. Tumbuh liar di halaman, ladang, tanah kosong, dan tempat-tempat yang banyak sinar matahari sampai ketinggian 1800 m dpl. Tumbuhan perdu tegak yang bercabang banyak ini mempunyai batang dan tangkai yang liat sehingga sukar dipatahkan dan seluruh tanaman ditumbuhi rambut halus, tingginya mencapai 1 m. Daunnya tunggal, berlekuk menjari 3, 5 atau 7, tumbuh berseling dengan panjang 3-8 cm dan lebar 1-6 cm, tepiannya bergerigi, berwarna hijau di bagian atas dan hijau muda di bagian bawah, pangkal daunnya membulat dengan ujung runcing. Bunganya berwarna ungu dan keluar dari ketiak daun. Buahnya bulat dengan penampang kurang lebih 5 mm, berambut seperti sikat, beruang 5 dan tiap ruangan berisi 1 biji.

Tanaman ini memiliki beberapa nama daerah diantaranya sampelulut (Batak); pulut, pulut laki-laki (Bangka, Melayu); pulut-pulut, pulutan, pulutan sapi (Melayu); pungpulutan, pungpulutan awewe, pungpurutan (Sunda); legetan, pulutan kebo, pulutan sapi (Jawa); polot (Madura); kapuhak, kaporata (Sumbawa); bejak, kakamomoko, kokomomoko (Halmahera); dan taba toko (Ternate).

Pulutan memiliki sifat kimiawi berupa rasa manis, tawar, dan sejuk. Batang dan daunnya mengandung zat lendir, bijingnya mengandung 13-14 %. Beberapa penyakit yang bisa dibati menggunakan akar atau seluruh bagian tanaman pulutan berikut cara pengobatannya adalah:
1. Influenza
Rebus 24 gr akar pulutan lalu minum airnya.
2. Disentri, diare, dan rheumatik
Rebus 30-60 gr akar pulutan kering lalu minum airnya.
3. Keputihan dan kencing keruh
Rebus 30-60 gr akar pulutan segar lalu minum airnya.
4. Bengkak karena nephritis
Rebus 30-60 gr akar pulutan segar dengan air secukupnya hingga mendidih, lalu minum airnya 2 kali sehari.
5. Koreng berdarah dan bisul
Tempeli dengan bunga pulutan.
6. Radang tonsil (Tonsilitis), malaria, gangguan pencernaan (indigestion), muntah darah, (hematemesis), kesukaran melahirkan (partus), gondok (goitre), tulang patah (frakture), payudara bengkak (mastitis), dan gigitan ular
- rebus 30-60 gr akar segar atau 15-30 gr akar kering lalu minum airnya, atau
- lumatkan seluruh bagian tanaman pulutan segar lalu tempelkan pada tempat yang sakit.
Selain itu tanaman pulutan juga merupakan anti radang, anti rematik, dan penurun panas.