Khasiat Utama tanaman Pule Pandak bagi kesehatan


Pule Pandak | Rauvolfia serpentina (L.) Benthem ex Kurz.

Pule Pandak termasuk dalam familia Apocynaceae.  Pule Pandak merupakan tanaman perdu tegak yang mengandung getah dengan tinggi mencapai 1 m. Tanaman ini kadang ditemukan di pekarang rumah sebagai tanaman hias, tetapi lebih sering tumbuh liar di ladang, hutan jati atau tempat-tempat lain sampai setinggi 1000 m di atas permukaan air laut.

Pule Pandak mempunya batang silindris dengan percabangan berwarna coklat abu-abu yang mengeluarkan cairan jernih bila dipatahkan. Daunnya tunggal, duduk berkarang atau berhadapan bersilang yang mempunyai bentuk taji atau bulat telur memanjang, ujung runcing, pangkal menyempit, dan bertangkai pendek dengan tepi rata, tulang daun menyirip yang panjangnya 4 – 14 c, dan lebarnya 1 – 4 cm serta berwarna hijau pada permukaan atas dan hijau muda pada permukaan bawah.

Bunga Pule Pandak merupakan bunga majemuk dengan mahkota bunga putih atau dadu berkumpul berbentuk payung keluar dari ketiak daun atau ujung percabangan.

Buahnya berbiji satu, berbentuk bulat lonjong dan apabila sudah masak warnannya hitam. Pule Pandak mempunyai akar kering yang biasa disebut Rauwolfia serpentina dan di India digunakan untuk pengobatan berbagai macam penyakit dari gigitan ular sampai penyakit gila (Psikosa).

Akar pada Pule Pandak mempunyai rasa pahit, dingin, dan sedikit beracun. Sedangkan batang dan daunnya mempunyai rasa pahit, manis, dan sejuk. Akar kering Pule Pandak mempunyai khasiat luar biasa untuk pengobatan, yaitu :

-Tekanan darah tinggi (hipertensi)

-Sakit kepala dan vertigo pada hipertensi

-Susah tidur (insomnia)

-Sakit perut pada disentri dan muntah

-Panas tinggi yang menetap

-Radang empedu, hepatitis akut

-Kejang pada ayan (Epilepsi), panas pada malaria, flu

-Sakit tenggorok

-Bisul. gatal-gatal (urticaria), scabies

-Gangguan jiwa

-Meningkatkan Nafsu makan

-Gigitan ular, kalajengking, dan luka memar

Batang dan daun Pule Pandak juga berkhasiat untuk mengobati penyakit antara lain : Influenza, tekanan darah tinggi, diare dan muntah, sakit tenggorok, malaria, hernia, bisul, dan luka memar.

Pengobatan untuk pemakaian dalam yaitu dengan merebus 25 – 50 gr akar, batang, dan daun Pule Pandak kemudian diminum. Dan untuk pegobatan luar yaitu dengan cara menggiling halus Pule Pandak, kemudian menempelkannya ke tempat yang sakit atau direbus airnya untuk mencuci luka atau koreng.

Efek samping yang dapat ditimbulkan Pule Pandak antara lain adanya gangguan sistem pencernaan antara lain mulut kering, kontraksi lambung dan usus meningkat, buang air besar lunak atau cair dan sering buang air besar. Herba ini meningkatkan sekresi asam lambung dan dapat menimbuklan pendarahan lambung sehingga dilarang digunakan pada penderita dengan penyakit lambung dan kondisi badan lemah.

Catatan :  Pule Pandak sudah dibuat dalam bentuk tablet.