Tersangka pemerkosa di India disiksa di penjara

Pengacara salah satu tersangka pelaku pemerkosaan terhadap mahasiswi 23 tahun di Ibu Kota New Delhi Desember tahun lalu mengatakan kliennya dipukuli dan diracun oleh sesama tahanan di penjara.

Petugas penjara menyangkal Vinay Sharma, nama tersangka itu, disiksa di penjara, seperti dilansir surat kabar the Independent, Kamis (16/5).

Sebelumnya Ram Singh, teman tersangka, ditemukan tewas tergantung di dalam selnya Maret lalu. Polisi menyebut dia mati gantung diri.

Pengacara Sharma, AP Singh, menuding tahanan lain telah memukuli dada kliennya dan meracuni makanannya. Sharma kini sedang dirawat di Rumah Sakit Lok Nayak Jai Prakash sejak dua hari lalu. Sebelumnya dia juga sudah dirawat di sebuah rumah rumah sakit Ahad lalu.

"Vinay dipukuli oleh empat atau lima tahanan lain di penjara itu," kata Singh. Dia menyebut Vinay ketika itu sedang tidak sadarkan diri.

Juru bicara Penjara Tihar Sunil Gupta mengatakan Sharma dirawat di sebuah rumah sakit karena sakit demam.

"Sepengetahuan saya Vinay tidak dipukuli. Semua tuduhan itu tidak benar," kata dia.

Polisi menangkap Sharma dan Singh beserta tiga tersangka lainnya dan satu remaja laki-laki setelah mereka diduga memperkosa seorang mahasiswi kedokteran di sebuah bus di New Delhi.