Menguak Jejak Klewang Pemerkosa ABG, Raja Geng Motor di Pekanbaru

Perbuatannya sungguh biadab. Memperkosa korbannya dihadapan anggota geng motornya. Itulah Klewang (57). Lantas siapakah gaek tua itu?

Mardijo (57) itulah nama sebenarnya. Tapi dia di Pekanbaru dikenal dengan julukan Klewang. Nama Klewang ini dalam bahasa Jawa disebutkan Parang, atau golok yang yang ujungnya melengkung separti arit. Hanya saja Klewang merupakan senjata tajam yang lebih besar dari clurit.

Sebutan Klewang ini, karena Mardijo selalu membawa senjata tajamnya kemana-mana. Keberaniannya membawa senjata tajam ini, lantas munculnya julukan Klewang. Namun sebenarnya, julukan ini sudah lama disandangnya, jauh sebelum Klewang merambah ke Pekanbaru.

"Klewang ini masuk ke Pekanbaru sekitar tahun 2011 silam. Sebelumnya Klewang merupakan ketua geng motor di Bandung," kata Kapolresta Pekanbaru, Kombes Adang Ginanjar kepada detikcom, Sabtu (11/5/2013).

Klewang ini merupakan kelahiran Brebes. Lantas merantau ke Bandung dengan menjadi preman. Di sana, Klewang membentuk geng motor yang dikenal dengan kelompok XTC. Dari Bandunglah, Klewang hijrah ke Pekanbaru, untuk membentuk geng motor yang sama.

"Klewang membentuk geng XTC di Pekanbaru, dan memiliki jaringan geng motor dengan nama-nama yang berbeda. Namun Klewang tetap menjadi inisiator tindak kriminal yang dilakukan kelompoknya," kata Adang.

Tempat tinggal Klewang di Pekanbaru selalu berpindah-pindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Catatan polisi, ada tiga rumah kontrakan yang selama ini ditempati Klewang. Dua rumah kontrakan di seputar Kulim Kecamatan Tenayan Raya, dan satu rumah kontrakan di Kecamatan Tampan.

"Tim sudah meninjau rumah-rumahnya. Namun disana tidak ada keluarganya. Dia selalu berpindah-pindah tempat. Kita menduga istrinya tidak ada di Pekanbaru," tetap Adang.
...
Klewang (57) adalah raja geng motor di Pekanbaru yang pemerkosa ABG. Dia hanya mengizinkan yang boleh ikut memperkosa dengan jabatan panglima di kelompoknya.

Kapolresta Pekanbaru, Kombes Adang Ginanjar mengungkapkan hal itu dalam perbincangan dengan detikcom, Sabtu (11/5/2013) di Pekanbaru. Kapolresta menjelaskan, bahwa korban perkosaan itu adalah seorang ABG yang lagi pacaran di Stadion Utama Riau, di kawasan komplek Kampus Universitas Riau (UR).

"ABG itu diperkosa empat orang, satu di antaranya Klewang. Raja geng motor ini orang pertama yang memperkosa korbannya dihadapan anggota geng motornya," kata Adang.

Masih menurut Adang, pelaku pemerkosaan itu jumlahnya 6 termasuk Klewang. Sedangkan 5 orang lagi status jabatannya sebagai panglima. Dari jumlah panglima itu, 3 orang diizinkan untuk memperkosanya, sedangka dua panglima lagi orang yang memegangi korbannya.

"Memang biadab prilaku mereka ini. Korbannya mereka perkosa dengan sengaja dipertontonkan dihadapan anggotanya," kata Adang.

Kini sebagian kelompok geng motor dibawah raja Klewang sudah diamankan. Kemarin ada 50 orang diamankan. Dari sana polisi melakukan pemeriksaan intensif soal keterlibatan mereka baik langsung maupun tidak langsung.

"Siapapun yang terlibat dalam kasus ini akan kita proses sesuai dengan aturan yang berlaku. Kita masih memburu pelaku perkosaan itu," tutup Adang.
...........
Klewang (57) raja geng motor di Pekanbaru melakukan gerakan tutup mulut. Dia juga membantah jika disebut melakukan pemerkosaan.

"Jadi Klewang ini memang orangnya keras. Selama kita proses, dia melakukan gerakan tutup mulut. Namun dia sempat membantah melakukan pemerkosaan," kata Kapolresta Pekanbaru, Kombes Adang Ginanjar kepada detikcom, Sabtu (11/5/2013) di Pekanbaru.

Kendati membantah, dari sejumlah saksi yang dimintai keterangannya, menyebutkan Klewang diduga ikut terlibat.

"Andaikan dia (Klewang) membantah, tapi dia telah melakukan pembiaran perkosaan dihadapannya. Namun demikian, sampai saat ini Klewang masih melakukan gerakan tutup mulut," jelasnya Adang.

Sejumlah saksi yang diperiksa, lanjut Adang, semuanya mengarah ke Klewang. Tersangka inilah yang diduga sebagai orang dibalik layar dari kelompoknya yang melakukan aksi kejahatan dalam pemerkosaan pada seorang ABG.

"Klewang ini otak dibelakang aksi kejahatan yang dilakukan geng motor. Klewang ini awalnya geng motor XTC di Bandung lantas membukanya di Pekanbaru," tuturnya Adang.
.............
Luar biasa perangai raja geng motor Pekanbaru, Klewang (57). Setiap anggota geng cewek, diwajibkan melakukan hubungan intim dengannya.

Kapolresta Pekanbaru, Kombes Adang Ginanjar mengungkapkan hal itu dalam perbincangan dengan detikcom, Sabtu (11/5/2013) di Pekanbaru. Kapolres menyebut, Klewang sebagai Raja Geng Motor di Pekanbaru ini membawahi sejumlah kelompok geng motor lainnya dengan berbagai nama.

Anehnya, setiap cewek yang akan bergabung harus bersedia melakukan hubungan intim layaknya suami istri dengan Klewang.

"Cewek-cewek yang mau gabung ke geng motor itu memang sudah putus sekolah dan cewek berandalan. Makanya mereka tidak keberatan kalau diajak hubungan intim dengan Klewang," kata Adang Ginanjar.

Namun menurut Adang, ketika infomasi itu ditanyakan kepada Klewang yang kini tersangka kasus perkosaan itu, enggan menjawab.

"Jadi Klewang ini menutup rapat soal info pelayanan nafsu kepada geng motor cewek. Informasi ini kita kumpulkan dari sejumlah geng motor yang sudah kita amankan," jelas Adang.

Masih menurut Adang, kelompok geng motor cewek ini memilki nama tersendiri. Masing-masing kelompok punya istilah masing-masing namun tetap dibawa binaan Klewang.

"Banyak nama kelompok geng motornya, yang perempuan juga punya geng sendiri. Namun apapun geng mereka, masih satu aliran sebagai geng motor brutal," kata Adang.