Tutorial Menggunakan Microwave


 Microwave merupakan produk elektronik terpenting yang layak dimiliki setiap keluarga di dapurnya. Cara kerjanya yang sangat praktis, serta dijamin kebersihan dilingkungan dapur membuatnya layak terutama bagi Anda yang suka memasak.

10 cara aman menggunakan microwave sebagai berikut :

1. Gunakan wadah yang aman
Artinya wadah tersebut dibuat khusus untuk microwave, yang pasti tahan panas.  Jangan pernah memakai wadah yang terbuat dari logam (mangkok, piring dari logam), karena akan berakibat fatal, yakni bisa memunculkan percikan api.

2. Pastikan penutup makanan memiliki lubang        
Jika Anda menutup makanan saat memasak menggunakan microwave, pastikan Anda membubuhkan lubang di penutupnya sebagai ventilasi. Jika tidak, Anda dapat mencelakai diri sendiri yakni ada letupan panas, terutama ketika hendak membuka tutup setelah masakan matang.

3. Aduk makanan saat dimasak
Aduklah makanan yang Anda makan selama dimasak dengan microwave. Waktu yang tepat adalah saat setengah dari waktu memasak yang disarankan. Hal ini akan menghilangkan kemungkinan munculnya area beku. Area beku tersebut merupakan tempat yang tumbuhnya bakteri yang dapat menyebabkan Anda sakit.

4. Biarkan makanan sejenak
Setelah microwave selesai dimasak, hal yang penting yang bisa Anda lakukan adalah membiarkannya sejenak untuk beberapa menit. Jika tidak hati-hati, tangan Anda bisa melepuh dibuatnya.

5. Hati-hati ketika memindahkan makanan dari microwave
Kadangkala, ketika makanan selesai dimasak, wadah yang dipakai buat memasak terasa dingin. Namun jangan salah, makanan yang berada didalamnya masih panas. Gunakanlah sarung tangan oven untuk memindahkan makanan dari microwave.

6. Jangan meninggalkan microwave memasak pop corn
Jangan coba - coba meninggalkan microwave saat memasak pop corn kalau tidak ingin makanan yang berasal dari jagung ini gosong.

7. Jangan operasikan microwave saat kosong
Jangan pernah menekan tombol start saat microwave dalam keadaan kosong. Gelombang micronya akan melambung dan menabrak dinding interior microwave. Kondisi ini dapat menyebabkan kebakaran.

8. Bersihkan microwave secara teratur
Membersihkan microwave Anda secara teratur akan mencegah tumbuhnya bakteri didalamnya.

9. Jangan gunakan lagi microwave Anda jika pintunya rusak
Jika pintu microwave Anda rusak atau tidak dapat ditutup sempurna, lebih baik jangan di gunakan lagi. Sebab microwave seharusnya tertutup rapat dan terkunci saat proses memasak.

10.Jangan coba memperbaiki sendiri
Jika microwave Anda rusak, jangan coba - coba memperbaiki sendiri. Cek garansi yang Anda peroleh ketika membelinya.