cara mengatasi penyakit hipertensi dengan obat herbal

Keinginan penggunaan obat-obatan herbal adalah karena kebanyakan orang berpikir bahwa karena hal itu adalah zat alami dan paling aman. Namun sebaiknya anda juga memperhatikan bahwa tanaman bisa membahayakan. Dalam kesempatan kali iniAlternative-1st akan mencoba mengulas tentangPenyembuhan Alternative Untuk Tekanan Darah Tinggi . Sebelum kita lebih jauh melangkah tentang penyembuhan alternative ini, mungkin kita sedikit kilas balik tentang penggunaan beberapaobat herbal yang sering dilakukan oleh beberapa orang.

Beberapa obat herbal dapat meningkatkan tekanan darah atau dapat mengganggu efek pada obat konvensional. Seperti : Akar manis dan obat herbal lain yang digunakan sebagai diuretik mempromosikan natrium dan retensi air dan dengan demikian meningkatkan tekanan darah. Bunga lily dari lembah menyerupai digitalis, terlalu tinggi dosis dapat menyebabkan gagal jantung. Berangan kuda digunakan bersama-sama dengan obat antikoagulan dapat menyebabkan perdarahan. Serta sering dekenali alkaloid tanaman, obat herbal tradisional oriental sering mengandung garam logam berat, yang mungkin sangat berbahaya ketika digunakan dalam waktu lama.

Jelas, tidak ada dukun/tabib terkemuka akan menawarkan perawatan yang mereka tahu akan merugikan Anda, tetapi risikonya bisa besar jika Anda berkonsultasi dengan seseorang yang tidak terlatih. Anda harus ingat bahwa industri obat sangat efisien dalam memanfaatkan zat-zat aktif yang ditemukan tanaman penginapan dan dalam mensintesis dan menguji mereka untuk digunakan sebagai obat. Seperti dengan terapi alternatif lain, ada bukti ilmiah sedikit diterbitkan membuktikan bahwa pengobatan herbal yang efektif. Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, di mana kebutuhan untuk pengobatan aktif diperdebatkan dengan cara baik. Herbal yang dapat digunakan dengan cara ini termasuk hawthorn, mawar gulden, linden dan yarrow.

Dua aspek terkenal lainnya dari penyembuhan alternatif  untuk mengobati tekanan darah tinggi yaitu homeopati dan akupunktur

Penyembuhan Tekanan Darah Tinggi Dengan Homeopati

Homeopati adalah benar-benar aman, karena obat begitu encer. Hal ini didasarkan pada prinsip bahwa 'sesuatu dapat disembuhkan oleh sesuatu'. Kata homeopati berasal dari dua kata Yunani yang berarti 'sama' dan 'penderitaan'. Obat yang mengandung jumlah zat yang sangat encer dalam jumlah yang lebih besar akan menghasilkan gejala mirip penyakit yang sedang dirawat. Masalahnya di sini adalah bahwa tidak ada penjelasan ilmiah untuk 'apa yang sedang terjadi'. Tidak ada obat homeopati yang spesifik direkomendasikan untuk tekanan darah tinggi. Perawatan yang biasa dilakukan oleh seorang praktisi akan menyarankan kepda  anda untuk berpikir lagi karena mereka memiliki efek penguatan umum pada konstitusi Anda. semua dokter homeopati akan dilatih dalam pengobatan ortodoks dan sebagainya yang biasanya digunakan sebagai cadangan dari metode penyembuhan alternatif mereka untuk kecil, membatasi diri, atau emosional penyakit.

Penyembuhan Tekanan Darah Tinggi DenganAkupuntur

Akupunktur, biasanya dilakukan dengan melibatkan jarum dengan cara dimasukkan ke dalam kulit di lokasi tertentu pada tubuh dan hal ini telah menjadi bentuk standar perawatan medis di Cina selama 5000 tahun. Dalam 20 tahun terakhir ini telah menjadi lebih banyak digunakan di Amerika Serikat, biasanya untuk kondisi seperti kembali menyakitkan di mana obat-obatan ortodoks sering gagal untuk membantu. Kita harus tahu cukup cepat apakah atau tidak itu adalah efektif sebagai pengobatan untuk tekanan darah tinggi, sebagai percobaan benar dikontrol saat ini sedang dilakukan dan hasilnya akan diterbitkan dalam waktu dekat. Sementara itu, suatu program perawatan akupunktur pasti akan melakukan Anda tidak membahayakan dan Anda mungkin merasa perlu untuk membantu relaksasi.

Metode Lain Dalam Mengobati Tekanan Darah Tinggi

Selain dengan metode di atas, ada beberapa obat tradisional rumahan yang bisa dijadikan penyembuhan alternatif  pada tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi adalah kondisi medis kronis dengan tekanan darah di arteri meningkat. Peningkatan ini menyebabkan jantung harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk mengedarkan darah melalui pembuluh darah. Tekanan darah melibatkan dua pengukuran, sistolik dan diastolik, tergantung apakah otot jantung berkontraksi (sistole) atau berelaksasi di antara denyut (diastole). Tekanan darah normal pada saat istirahat adalah dalam kisaran sistolik (bacaan atas) 100–140 mmHg dan diastolik (bacaan bawah) 60–90 mmHg. Tekanan darah tinggi terjadi bila terus-menerus berada pada 140/90 mmHg atau lebih.

Tekanan darah yang tinggi pada hipertensi akan memicu pecahnya pembuluh darah otak. Pada gilirannya, jaringan otak akan rusak dan timbul gejala-gejala stroke. Stroke akibat hipertensi termasuk ke dalam stroke hemoragik, atau stroke perdarahan.

Penyebab Terjadinya Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Hipertensi essensial atau hipertensi primer penyebabnya dikarenakan pola hidup yang tidak sehat. Mengalami stress, mengkonsumsi garam yang berlebih, merokok, kebiasaan minuman beralkohol dan kafein, pola makan yang tidak sehat yang mengakibatkan timbunan lemak dan kelebihan berat badan dan adanya faktor keturunan

Hipertensi sekunder adalah tekanan darah tinggi yang disebabkan oleh adanya gangguan ginjal atau jantung.
Penyembuhan Alternatif Untuk Tekanan Darah Tingi

1. Alang-alang - Potong-potong 60 gr akar alang-alang,lalu rebus dalam 3 gelas air. Biarkan mendidih hingga air tersisa 1 gelas Dinginkan, lalu saring minum 2 kali sehari sabanyak 1/2 gelas selama 10 hari
2. Bawang Merah - Cuci bersih 1 siung bawang merah yang telah dikupas lalu dimakan Atau biasakan memakan bawang marab yang telah dicampur dalam acar timun.
3. Bawang Putih - Ada 3 macam cara pengobatan darah tinggi dengan menggunakan bawang putih.
Kupas 1 atau 2 siung bawang putih lalu kunyah-kunyah sampai halus kemudian ditelan. Setelah itu minumlah 1 cangkir air hangat. Lakukan 3 kali dalam sehari.2 siung bawang putih dipanggang di atas api lalu dimakan setiap pagi selama tujuh hari berturut-turut.Tumbuk halus 3 siung bawang putih tambahkan air secukupnya.Peras dan saring lalu minum secara teratur.
4. Bayam - Cuci bersih 1 potong akar bayam duri berikut bonggolnya lalu dipotong-potong. Rebus dalam 2 gelas air hingga tersisa setengahnya. Minum air rebusan sekaligus.
5. Belimbing Wuluh - Masak 25 gr biji srigading yang telah dihaluskan dalam 4 gelas air, tambahkan 3 buah belimbing wuluh segar. Saring dan dinginkan lalu minum 1 gelas sehari. Atau rebus 3 buah belimbing wuluh yang sudah dipotong-potong dengan 3 gelas air, biarkan mendidih hingga tersisa 1 gelas. Dinginkan dan saring, minum setelah makan pagi. Untuk penggunaan belimbing wuluh, hal ini pernah kita bahas lebih detail disini.
6. Daun Alpukat - Rebus 5 lembar daun alpukat dengan 2 gelas air. Biarkan mendidih hingga airtersisa setengahnya. Saring lalu tambahkan gula dan aduk rata. Minum 2 kali sehari secara rutin.
7. Daun Pegangan - Selain bia untukmenyembuhkan keloid, daun pegangan juga bisa untuk mengobati hipertensi. Rebus 20 lembar daun pegagan dalam 3 gelas air hingga tersisa 3/4 nya. Minum air rebusan 3 kali sehari sebanyak 3/4 gelas.
8. Jeruk Nipis - Cuci dan potong-potong 2 buah jeruk nipis, 20 kuntum bunga jeruk nipis dan 30 lembar daun jeruk nipis. Rebus dengan 3 gelas air, biarkan mendidih hingga air tersisa sebanyak 2 1/4 gelas saja. Saring dan dinginkan lalu bagi menjadi 3 bagian. Tambahkan sedikit madu lalu minum setiap hari secara rutin.
9. Kemangi - Rebus daun kemangi dan belimbing wuluh secukupnya dengan 2 gelas air hingga air tersisa 1 gelas. Minum sekaligus sampai habis.
10.Kumis Kucing - Ramuan ini membutuhkan daun kumis kucing yang basah dan kering masing-masing sebanyak 50 gr. Rebus daun kumis kucing kering dengan air secukupnya. Daun yang segar diseduh dengan air panas. Campur kedua ramuan lalu saring. Minum 1 gelas sehari.
11. Kunyit - Parut rimpang kunyit seukuran 1/2 jari. Tambahkan 1 sdm madu lalu remas-remas. Peras dan saring. Minum 2 - 3 kali sehari.

12. Lobak - Tumbuk halus biji lobak yang sudah dikeringkan. Makan sebanyak 6 gr 3 kali sehari. Atau minumlah jus lobak segar 2 kali sehari sebanyak 1 cangkir kecil selama 1 minggu.

13. Meniran - Rebus 50 gr meniran kering dalam 2 liter air. Biarkan mendidih air tersisa setengahnya. Saring lalu minum 2 kali sehari setelah makan sebanyak 1 gelas.

14. Mengkudu - Gunakan juicer atau jus extractor untuk mendapatkan sari buah mengkudu. Campur buah mengkudu masak dengan air dan ambil sarinya. Minum setengah gelas secara teratur setiap hari.

15. Mentimun - Rebus 150 gr mentimun dengan air secukupnya lalu minum air rebusan tersebut secara teratur setiap hari Atau parut 2 buah mentimun yang sudah dicuci bersih. Lalu diperas dan disaring. Minum air perasan tersebut 2 - 3 kali dalam sehari.

16. Sambiloto - Cuci bersih lalu seduh 5 sampai 7 helai daun sambiloto dengan air mendidih. Minum beberapa kali dalam sehari.

17. Selada Air - Cuci bersih 2 atau 3 batang selada air lalu dikunyah dan airnya ditelan. Lakukan setiap hari hingga tensi darah kembali normal.

18. Seledri - Cuci bersih seledri yang masih utuh sebanyak 16 batang lalu potong-potong kasar. Rebus dalam 2 gelas air hingga tersisa 15 gelas Bagi air rebusan menjadi 2 bagian lalu diminum. Seledri yang sudah direbus dimakan. Lakukan secara teratur. Hati-hati menggunakan resep ini, karena dapat mengakibatkan penurunan tekanan darah secara drastis

19. Tapak Dara - Cuci lalu rebus 10 gr daun tapak dara dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja. Saring dan dinginkan lalu minum.

20. Temulawak -Haluskan 2 sdm rimpang temu lawak, 5 sdm rimpang kunyit 1 sdm asam hitam dan gula jawa secukupnya. Tambahkan 1/2 gelas air masak. Peras lalu minum 2 kali sehari selama 1 minggu.

21. Benalu - Petik tumbuhan benalu {Loranthus yadoripl) yang sering ditemukan tumbuh liar di pohon besar sebanyak 15 gr. Potong- potong tanaman itu. Jemur dan keringkan jika ingin menggunakan bahan ini dalam waktu lama. Rebuslah dengan 3gelas air sampai airnya hanya tersisa 1 gelas. Minumlah setengah gelas, pagi dan siang hari.

22. Rumput Laut -Siapkan rumput laut yang belum diolah sebanyak 15 gr. Tambahkan dengan 15 gr biji daun sendok. Setelah dibersihkan kedua bahan direbus dengan 3 gelas air sampai air tersisa hanya 1 gelas. Setelah disaring air rebusan dibagi untuk 2 kali minum, yakni pagi dan siang hari.

23. Kunyit - Siapkan 1/4 genggam daun meniran, rimpang kunyit seukuran 1 jari, 10 buah belimbing wuluh dan sedikit gula aren. Cuci bersih semua bahan (kecuali gula aren). Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa sekitar 2 gelas saja. Setelah disaring dibagi untuk 3 kali minum, pagi, siang dan malam hari.

24. Daun Murbei - Siapkan 20 lembar daun murbei, 8 buah leunca, 1/2 sendok teh adas, dan 3/4 jari pulosari. Cuci bersih semua bahan. Tambahkan sedikit gula aren agar tak terlalu pahit. Rebus semua bahan dengan 3 gelas air hingga airnya tersisa 2 gelas. Setelah disaring airnya dibagi untuk 3 kali minum. Pagi, siang dan malam hari.

Nah, Itulah beberapa cara dalam Penyembuhan Alternatif Untuk Takanan Darah Tinggi dalam artikel kali ini. Semoga bisa membantu Anda dalam mengobati hipertensi yang Anda derita.